Pedoman Sertifikasi Dosen Tahun 2013

Program Serdos merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Penyelenggaraan program serdos tahun sebelumnya (2012) merupakan pemantapan sistem berbasis on-line yang dimulai tahun 2011, integrasi data dosen yang dapat digunakan untuk pengembangan karir dosen. Pemantapan sistem ini bertujuan untuk mendukung pengembangan nilai-nilai budaya akademik dan kejujuran dalam rangka pendidikan karakter di perguruan tinggi.

Hal-hal yang terkait dengan prinsip, tujuan, dan tatacara penilaian penyelenggaraan program Serdos tidak mengalami perubahan, namun demikian mulai tahun 2013 ada tambahan rekam jejak dosen yang dinilai yaitu kemampuan dasar dosen yang meliputi kemampuan berbahasa Inggris dan potensi akademik. Dengan demikian, buku pedoman yang wajib digunakan oleh semua pihak yang bertugas menyelenggarakan sertifikasi dosen dapat diunduh pada tautan dibawah ini :

1. Buku-1 (Naskah Akademik);
2. Buku-2 (Penilaian Portofolio);
3. Buku-3 (Prosedur Operasional Baku Tatalaksana Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi);
4. Lampiran Buku-3 (Koding Perguruan Tinggi).

Berita Terkait